Perkutut Air Mendarat Darurat di Bandara Sepinggan Balikpapan

BALIKPAPAN – Selasa (29/11/20160), pukul 09.31 WITA ARFFS (Airport Rescue and Fire Fighting Service) menerima informasi dari Tower Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman(SAMS) Balikpapan terkait pesawat yang mengalami pemasalahan. Perkutut Air dengan rute Bandara Charlie menuju Balikpapan dilaporkan alami permasalahan pada landing gear position indicator. Pesawat jenis ATR CH 213 ini diketahui membawa POB sebanyak 40 orang.

Mendapati laporan tersebut Tim ARFFS Bandara SAMS standby siaga I. Tidak lama kemudian, Tower Bandara kembali meninformasikan bahwa pesawat akan mendarat darurat di air, sehingga level siaga tim ARFFS dinaikkan menjadi siaga II.

Pukul 09.06 WITA Bandara SAMS menghubungi Kantor SAR Balikpapan untuk meminta bantuan penanganan pendaratan darurat Perkutut Air. Petugas komunikasi yang menerima laporan tersebut segera meneruskan ke Kepala Jaga Harian untuk ditindaklanjuti.

Sebanyak 15 rescuer diberangkatkan menuju Bandara SAMS Balikpapan. Pukul 09.10 WITA tim bergerak menuju lokasi dengan menggunakan 2 unit Rescue Car dan 1 unit Rescue Truck Personil serta membawa 1 unit Rubber Boat dan motor tempel 40 PK. Setibanya di Bandara SAMS tim langsung standby di launching pad.

Selang 12 menit kemudian Perkutut Air akhirnya mengalami crash. Semua unsur yang terdiri dari ARFFS Bandara SAMS Balikpapan, tim rescue Kantor SAR Balikpapan, BPBD Kota Balikpapan, dan tim rescue TNI AU meluncur ke lokasi pesawat untuk memberikan pertolongan.

Ini merupakan cuplikan dari simulasi Hot Drill II yang dilaksanakan di Bandara SAMS BAlikpapan, Kepala Sub Seksi Potensi SAR Balikpapan Eddy Herryanto,S.E memberikan apresiasi sebesar-besarnya untuk Bandara SAMS Balikpapan yang telah mengikuti aturan dari ICAO (Intenational Civil Aviation Organitation) dalam hal tanggap darurat. Eddy menambahkan, Hot Drill di tahun ini lebih berbobot dan bersinergi dengan melibatkan unsur-unsur terkait. Semoga kedepannya melalui kegiatan ini jaring komunikasi semua unsur dapat ditingkatkan dan berjalan secara optimal. WIS

Link Terkait
PEJABAT