Basarnas Tambah Dua Lagi Helikoper Medium Class

Basarnas kembali menerima dua buah helikopter medium class AS366 N3+ Dauphin dari PT Dirgantara Indonesia (PTDI). Helikopter tersebut diserahkan Selasa (15/11) di Hanggar Rotary Wing PTDI. Dokumen serah terima ditandatangani oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Basarnas Anjar Sulistiyono dan Direktur PTDI Budi Santoso, disaksikan oleh Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI FHB Soelistyo, S.Sos.

Sebelumnya pada Februari 2014 PTDI juga telah menyerahkan dua buah helikopter jenis yang sama di Pangkalan Udara Angkatan Laut Pondok Cabe, Tangerang Selatan. Sehingga total saat ini Basarnas memiliki empat helikopter Dauphin AS365 N3+ dan jumlahnya tentu masih akan bertambah di samping 1 unit AW 139 dan 6 unit heli bolcow.

Helikopter SAR medium class AS365 N3+ Dauphin merupakan helikopter berukuran sedang yang telah sesuai dengan standar SAR dan Coast Guard. Helikopter ini dilengkapi dengan hoist untuk menarik/mengevakuasi korban pada sisi pintu kanan. Selain itu juga dilengkapi radar cuaca dan Forward Looking Infrared Camera (FLIR) untuk mendukung operasional pada segala medan dan kondisi. Helikopter Dauphin AS365 N3+ merupakan produk kerjasama industri antara PTDI dengan Airbus Helicopters, Perancis.
Link Terkait
PEJABAT